Penyakit Herpes Genital

Penyakit Herpes Genital – Yang namanya penyakit pastinya menyebabkan ketidaknyaman. Apalgi jika menimpa daerah sensitif Anda. Herpes genital salah satunya yang bisa mengusik daerah intim Anda. Herpes dari bahasa yunani yang berarti menjalar dan genital dari bahasa Latin yang bermakna kelamin.

Penyakit Herpes Genital

Penyakit Herpes Genital

Penyakit Herpes

Penyakit Herpes genital disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks (HSV) tipe 2. Penyebab herpes lain yang jarang adalah HSV 1. Penularan herpes genital melalui hubungan intim. Penyakit herpes genital ini memiliki gejala yang khas yaitu lenting (vesikel) berisi cairan jernih yang lebih dari satu di sekitar daerah kelamin.

Bayangkan, 1 dari 5 orang dalam populasir remaja dan dewasa di seluruh dunia diperkirakan telah terinfeksi dengan HSV 2. Badan Kesehatan Amerika Serikta CDC menyampaikan jumlah kasus herpes genital pada perempuan lebih banyak dibandingkan dengan pria. Hal tersebut mungkin terjadi karena luas permukaan selaput lendir (mukosa) pada kelamin perempuan lebih luas dibanding dengan laki-laki. Selain itu, fluktasi hormon pada perempuan ternyata juga mempengaruhi.

Gejala herpes genital sama dengan gejala herpes yang lain, yaitu munculnya gelembung-gelembung kecil (vesikel) di kulit terutama di selaput lendir (mukosa) di sekitar alat kelamin. Gelembung kecil yang biasa disebut lenting-lenting tersebut berisi cairan bening dan mudah pecah. Setelah pecah akan muncul rasa nyeri pun sering menyertai di sekitar vesikel, bahkan kadang sampai menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Karena rasa nyeri itulah umumnya penderita herpes genital segera memeriksakan diri ke dokter dan cepat mendapatkan pengobatan.

Gejala lain yang dapat menyertai adalah demam, sakit kepala dan tubuh terasa lemas. Sebelumnya, sensasi terbakat atau nyeri di sekitar daerah intim dapat juga dirasakan. Masalahnya, meski sudah diobati, ada kemungkinan herpes genital kambuh kembali. Pada saat kambuh, gelembung-gelembung kecil tersebut akan kembali muncul, tapi gejalanya tidak seberat pada saat baru terinfeksi.

Cara Mengobati Penyakit Herpes

Berikut ini ada beberapa tips agar herpes genital tidak kambuh kembali

Dr. Silviani menganjurkan beberapa langkah yang dapat membantu mengurangi kemungkinan herpes kambuh :

1. Manajemen stres. Baik stres emosional maupun fisik ternyata dapat memicu kekambuhan dari herpes genital
2. Jaga asupan gizi makanan seimbang
3. Untuk menunjang daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi suplemen
4. Istirahat yang cukup

Gejala penyakit herpes genital adalah ;

  1. Disaat seseorang mengalami penularan pertama kali, maka biasanya tidak akan terlihat sores. Banyak orang yang mengalami penyakit herpes genital tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit tersebut karena kadang tidak muncul gejala.
  2. Kemudian episode dari penyakit herpes yang pertama biasanya merupakan salah satu bentuk gejala yang paling parah. Dan secara umum biasanya gejala yang terjadi adalah seperti menderita flu, kemudian selanjutnya munculnya lepuhan lepuhan kecil pada bagian alat kelamin dan kemudian akan pecah setelah itu akan berubah menjadi sores.
  3. Kemudian akan berbentuk keropeng dan pada akhirnya kulit sembuh dengan sendirinya selama 1-2 minggu.
  4. Pada wanita, biasanya gejala lepuhan yang terjadi bisa timbul disekitar vagina, uretra, serviks dan bagian antara vagina serta dibagian anus.
  5. Untuk pria, biasanya lepuhan yang terjadi bisa tiimbul pada penis, kulit di ujung dan juga terkadang di dalam uretra, terjadi pada zakar atau juga pada daerah dibagian penis dan dubur. Kadang akan terasa sangat sakit disaat sedang buang air kecil jika air seni tersebut melewati luka tersebut.
  6. Terkadang, hal ini jarang terjadi di bokong atau tubuh bagian belakang bawah dan pada daerah lainnya yang muncul disekitar bawah pinggang, dan juga terjadi pada tangan, payudara, serta pada bagian tubuh belakang, jari atau dibagian mana saja yang sudah menyentuh pada daerah yang mengalami infeksi.
  7. Untuk kasus penyakit herpes simpleks atau genitalis yang tidak menunjukkan lepuhan yang terjadi. Dan kemudian bisa terlihat seperti kemerahan yang kecil, kulit yang pecah-pecah atau juga pada kondisi kulit yang lain yang bisa terjadi pada daerah kemaluan.
  8. Kondisi dari kulit kemaluan yang memang tidak biasa sebaiknya diperiksa ke dokter jika memang luka tersebut dicurigai sebagai penyakit herpes. Walaupun luka penyakit herpes bisa sembuh, namn virusnya akan masih tetap tinggal di dalam tubuh. Dan kemudian bisa mengalami kekambuhan lagi.

Jika penyakit herpes genital ini kambuh, maka serangannya akan menyerang ke bagian yang pertama diserang. Namun gejala yang terjadi biasanya lebih pendek dan terjadi lebih ringan. Selain itu, episode dari kambuhan yang terjadi pada infeksi penyakit HSV tipe I. Dan seiring dengan waktu yang berjalan, maka biasanya lebih jarang terjadi dan kasusnya lebih ringan, dan kemungkinan bisa saja berhenti. Untuk beberapa orang yang mengalami infeksi hanya mengalami pada satu episode saja. Terdapat orang-orang yang bisa mendapat penyakit herpes namun juga tidak menunjukan gejala. Episode penyakit herpes kemungkinan terjadi disaat sistem pada pertahanan tubuh Anda sedang lemah. Dan penyakit, mengalami kelelahan, stress, haid atau menstruasi dan melakukan aktivitas seksual yang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya episode kekambuhan, namun bisa juga terjadi akibat tidak adanya sebab yang jelas.

Itulah informasi mengenai penyakit herpes dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Herpes Genital


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Herpes and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>